March 23, 2023
Mustika Ratu Raup US$ 2 Juta dari kontrak dagang

Mustika Ratu – Jakarta – Pameran berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 bertema “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery,” dilangsungkan di ICE, BSD City, Tangerang, 20-22 Oktober 2022.

Trade Expo Indonesia ke-37 menggelar sejumlah kegiatan pendukung selain pameran. Diantaranya penandatanganan memorandum dan kontrak kerja sama dagang antar negara.

”Kita selayaknya bangga dengan dilaksanakannya TEI 2022 ini. Peserta pameran cukup antusias, terlihat dari 795 stand terisi dengan 2288 buyer terdaftar serta partisipasi dari 176 negara terlibat sepanjang pelaksanaan Trade Expo Indonesia ini,” tutur Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam sambutannya.

Pengunjung JMFW 2023 Minati Produk Halal Mustika Ratu

Meski ekonomi dunia tengah lesu dampak pandemi Covid-19 dan inflasi di berbagai negara, MRAT mencatatkan pencapaian gemilang dengan ekspor produk ke mancanegara.

Tahun ini Mustika Ratu mampu menambah negara tujuan ekspor baru untuk produk jamu dan Personal Care.

Ini menunjukkan bahwa produk berbasis kearifan lokal dan alami Indonesia yang diproduksi MRAT dapat diterima oleh dunia internasional.

“Sepanjang Januari sampai Agustus 2022, MRAT menerima banyak penawaran kerjasama ekspor. Produk yang banyak diminati diantaranya Personal Care dan Herb Supplement.

Presiden Jokowi Resmi Membuka Trade Expo Indonesia 2022

Selain negara tujuan baru, terdapat negara tujuan ekspor eksisting yang melakukan re-dealing salah satunya Nigeria untuk produk jamu supplement. Jamu supplement Mustika Ratu sendiri memang diminati oleh konsumen di Nigeria khususnya jamu untuk kesehatan wanita,” ujar Bingar.

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) bahkan mendapatkan kontrak dagang dengan mitra buyer dari lima negara yaitu Arab Saudi, UEA, Australia, Jepang dan Amerika Serikat senilai 2 juta dollar Amerika.

Selama periode Januari hingga Agustus 2022, MRAT tercatat menerima permintaan ekspor dari Arab Saudi, Jepang, USA, UAE, Australia, Singapura dan Korea Selatan.

Negara peminat jamu RTD diantaranya Jepang, Australia dan USA. Di sisi lain negara peminat untuk produk Personal Care adalah Korea Selatan, Singapura dan UAE.

JMFW 2023: Kontribusi Mustika Ratu Dalam Industri Fesyen Muslim Indonesia

Untuk pasar Middle East yang meminati produk halal, PT Mustika Ratu Tbk telah hadir di Arab Saudi, Oman, Iraq, Libya, Bahrain dan UEA.

Sejak tahun 2021 sampai Oktober 2022 jumlah negara ekspor bertambah 61 % dari 21 negara menjadi 34 negara atau bertambah 13 negara dalam periode tersebut.

JMFW 2023 Mendapat Dukungan Dari Mustika Ratu

Hingga saat ini, kurang lebih 200 SKU produk yang diekspor ke mancanegara dengan kontribusi sebagai berikut:

  1. Personal Care       65 %
  2. Kosmetik               0,5 %
  3. Herb Supplemen  23 %
  4. Beverage               12 %

Perusahaan yang didirikan oleh Ibu Hj. DR. BRA Mooryati Soedibyo, 47 tahun yang lalu ini patut diberikan apresiasi dalam berkiprah di dunia internasional.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *